Saturday, July 9, 2016

Rubrik Unjuk Kerja Pendidikan Agama Kristen Kelas 2 SD

Agama Kristen Kls 2
Rubrik Unjuk Kerja : Tuhan Menghargai Bakat Setiap Orang
Nama                     : _________________________
Kelas                    : _________________________
Tanggal                 : _________________________                                                                                                                                                                                 

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
Nilai
 Konsep
Siswa tidak memiliki konsep yang benar tentang Tuhan menghargai bakat setiap orang.i
Siswa kurang memiliki konsep yang benar tentang Tuhan menghargai bakat setiap orang.i
Siswa cukup memiliki konsep yang benar tentang Tuhan menghargai bakat setiap orang.i
Siswa  memiliki konsep yang benar tentang Tuhan menghargai bakat setiap orang.i
Siswa  memiliki konsep yang sangat benar tentang Tuhan menghargai bakat setiap orang.i
----
Pemahaman
Siswa tidak memiliki pemahaman yang benar sehingga tidak mewarnai nama murid yang mempunyai bakat  sebagai nelayan
Siswa kurang memiliki pemahaman yang benar dengan  mewarnai 1 nama murid yang mempunyai bakat  sebagai nelayan
Siswa cukup  memiliki pemahaman yang benar dengab  mewarnai  2 nama murid yang mempunyai bakat sebagai nelayan
Siswa  memiliki pemahaman yang benar dengan  mewarnai 3 nama murid yang mempunyai bakat sebagai nelayan
Siswa sangat memiliki pemahaman yang benar dengan  mewarnai 4 nama murid yang mempunyai bakat  sebagai nelayan
----
Daya Ingat
Siswa mampu menuliskan1-2  nama murid Tuhan Yesus dengan benar. 
Siswa   mampu menuliskan  3-4 nama murid Tuhan Yesus dengan benar.
Siswa  mampu menuliskan  5-6 nama murid Tuhan Yesus dengan benar.
Siswa mampu menuliskanr  7-9 nama murid Tuhan Yesus dengan benar
Siswa   mampu menuliskanr 10-12 nama murid Tuhan Yesus dengan benar.
----
Kerapihan dan Kreatifitas
Siswa  tidak mampu   mewarnai nama murid dengan bersih dan  rapi
Siswa kurang mampu   mewarnai nama murid dengan  bersih dan  rapi
Siswa  cukup mampu   mewarnai nama murid dengan bersih dan rapi.
Siswa   mampu   mewarnai nama murid dengan bersih dan t rapi.
Siswa  sangat mampu   mewarnai nama murid dengan bersih dan k rapi
----
Perilaku
Siswa tidak mampu berperilaku  baik di kelas
Siswa kurang mampu berperilaku baik d kelas
Siswa cukup mampu berperilaku baik di kelas
Siswa mampu  berperilaku baik di kelas .
Siswa sangat mampu berperilaku baik di kelas.
----
                                                                                                                                               T o t a l

Agama Kristen  Kls 2
Rubrik Unjuk Kerja : Setiap Orang Membutuhkan Orang Lain
Nama                   : _________________________
Kelas                   : _________________________
Tanggal                : _________________________         
 Guru                  : _________________________

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
 Konsep
Siswa tidak memiliki konsep yang benar tentang  semua orang membutuhkan orang lain.
Siswa kurang memiliki konsep yang benar tentang semua orang membutuhkan orang lain.
Siswa cukup memiliki konsep yang benar tentang semua orang membutuhkan orang..
Siswa  memiliki konsep yang benar tentang  semua orang membutuhkan orang lain.
Siswa   memiliki konsep yang sangat benar tentang  semua  orang membutuhkan orang lain.
----
Pemahaman
Siswa tidak  mempunyai pemahaman yang benar shingga tidak mampu memilih gambar yang menunjukkan bahwa setiap  orang membutuhkan orang lain  dengan benar.
Siswa kurang mempunyai pemahaman yang benar sehingga mampu  memilih hanya 1  gambaryang menunjukkan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dengan benar.
Siswa cukup  mempunyai pemahaman yang benar sehingga mampu memilih 2 gambar yang menunjukkan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dengan benar.
Siswa mempunyai pemahaman yang benar sehingga mampu memilih 3 gambar yang menunjukkan setiap orang membutuhkan orang lain  dengan mmemberi warna dengan benar.
Siswa mempunyai pemahaman yang sangat benar sehingga mampu memilih  4 gambar yang menunjukkan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dengan benar.
----
Menjlaskan
Gambar
Siswa tidak mampu menjelaskan gambar dengan baik.
Siswa mampu menjelaskan satu gambar dengan benar
Siswa mampu menjelaskan dua  gambar dengan benar
Siswa mampu menjelaskan tiga  gambar dengan benar
Siswa mampu menjelaskan empat gambar dengan benar
----
Kerapihan dan Kreatifitas
Siswa tidak  kreatif dan hasilnya tidak rapi.
Siswa  kurang kreatif dan hasilnya  kurang rapi.
Siswa  cukup kreatif dan hasilnyacukup  rapi.
Siswa  kreatif dan hasilnya rapi.
Siswa sangat  kreatif dan hasilnya sangat rapi.
----
Perilaku
Siswa tidak mampu berperilaku  baik di kelas
Siswa kurang mampu berperilaku baik d kelas
Siswa cukup mampu berperilaku baik di kelas
Siswa mampu  berperilaku baik di kelas .
Siswa sangat mampu berperilaku baik di kelas.
----

Agama Kristen Kls 2
Rubrik Unjuk Kerja :  Bersimpati dan Berempati Pada Penderitaan Orang Lain.
Nama                   : _________________________
Kelas                    : _________________________
Tanggal                 : _________________________                                                                                                                                           Guru                    :

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
 Konsep
Siswa  tidak memiliki konsep yang  benar tentang  bersimpati dan berempati pada penderitaa orang lain.
Siswa  kurang  memiliki konsep yang  benar tentang  bersimpati dan berempati pada penderitaa orang lain.
Siswa  cukup  memiliki konsep yang  benar tentang  bersimpati dan berempati pada penderitaa orang lain.
Siswa  memiliki konsep yang  benar tentang  bersimpati dan berempati pada penderitaa orang lain.
Siswa  sangat  memiliki konsep yang  benar tentang  bersimpati dan berempati pada penderitaa orang lain.
----
Penyebutan nama kitab,  pasal dan ayat
Siswa tidak mampu menyebutkan nama, pasal dan ayat kitab untuk ayat hafalan
Siswa  kurang mampu menyebutkan nama, pasal dan ayat kitab untuk ayat hafalan
Siswa cukup mampu menyebutkan nama, pasal dan ayat kitab untuk ayat hafalan
Siswa  mampu menyebutkan nama, pasal dan ayat kitab untuk ayat hafalan
Siswa sangat mampu menyebutkan nama, pasal dan ayat kitab untuk ayat hafalan
----
Penghafalan teks/ayat Alkitab
Siswa tidak mampu menghafalkan teks dengan benar
Siswa  kurang  mampu menghafalkan teks dengan benar
Siswa cukup mampu menghafalkan teks dengan benar
Siswa   mampu menghafalkan teks dengan benar
Siswa sangat  mampu menghafalkan teks dengan benar
----
Penghayatan
Siswa tidak mampu menghayati teks  ketika mengucapkannya di depan  kelas.
Siswa tidak mampu menghayati teks  ketika mengucapkannya di depan  kelas.
Siswa tidak mampu menghayati teks  ketika mengucapkannya di depan  kelas.
Siswa tidak mampu menghayati teks  ketika mengucapkannya di depan  kelas.
Siswa tidak mampu menghayati teks  ketika mengucapkannya di depan  kelas.
----
Perilaku
Siswa tidak mampu berperilaku  baik di kelas
Siswa kurang mampu berperilaku baik d kelas
Siswa cukup mampu berperilaku baik di kelas
Siswa mampu  berperilaku baik di kelas .
Siswa sangat mampu berperilaku baik di kelas.


Agama (Kristen) Kls 2
Rubrik Unjuk Kerja:  Mampu Berkata Jujur
Nama    : ______________________
Kelas       : ___________________________
Tanggal  : ___________________________                                                                                                                            

Kriteria
Nilai
1
2
3
5
Bercerita jujur
Siswa tidak mampu menceritakan ketidakjujurannya di rumah atau di sekolah dengan jujur
Siswa kurang mampu menceritakan ketidakjujurannya di rumah atau di sekolah dengan jujur
Siswa cukup mampu menceritakan ketidakjujurannya di rumah atau di sekolah dengan jujur
Siswa mampu menceritakan ketidakjujurannya di rumah atau di sekolah dengan jujur
Siswa sangat mampu menceritakan ketidakjujurannya di rumah atau di sekolah dengan jujur
____
Perilaku
Siswa mampu  menceritakan ketidakjujurannja  dengan 1 kalimat
Siswa mampu  menceritakan ketidakjujurannja  dengan 2 kalimat
Siswa mampu  menceritakan ketidakjujurannja  dengan 3 kalimat
Siswa mampu  menceritakan ketidakjujurannja  dengan 4 kalimat
Siswa mampu  menceritakan ketidakjujurannja  dengan 5 kalimat
____

Total
____

Agama (Kristen) Kls 2
Rubrik portofolio:  Bersyukur sebagai Anak Indonesia
Nama                   : ___________________________
Kelas                   : ___________________________
Tanggal                : ___________________________
Guru                   :                                                                                  

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
Pemahaman Konsep
Siswa  tidak dapat  memahami  konsep bersyukur sebagai anak Indonesia dengan melengkapi nama dan memberikan  1 jawaban yang benar sesuai dengan gambar
Siswa kurang dapat  memahami konsep bersyukur sebagai anak Indonesia dengan melengkapi nama dan memberikan2 jawaban yang benar  sesuai dengan gambar.
Siswa cukup dapat  memahami konsep bersyukur sebagai anak Indonesia dengan melengkapi nama dan memberikan 3 jawaban yang benar  sesua dengan gambar
Siswa dapat  memahami konsep bersyukur sebagai anak Indonesia dengan melengkapi nama dan memberikan 4 jawaban yang benar  sesuai dengan gambar.
Siswa dapat  memahami konsep bersyukur sebagai anak Indonesia dengan melengkapi nama dan memberikan 5 jawaban yang benar sesuai dengan gambar.
____

Kemampuan membandingkan
Siswa tidak mampu membandingkan  keindahan alam Indonesia dengan keadaan bumi setelah peristiwa air bah (Kej 7:1-24)
Siswa kurang mampu membandingkan  keindahan alam Indonesia dengan keadaan bumi setelah peristiwa air bah (Kej 7:1-24)
Siswa cukup mampu membandingkan  keindahan alam Indonesia dengan keadaan bumi setelah peristiwa air bah (Kej 7:1-24)
Siswa mampu membandingkan  keindahan alam Indonesia dengan keadaan bumi setelah peristiwa air bah (Kej 7:1-24)
Siswa  sangat mampu membandingkan  keindahan alam Indonesia dengan keadaan bumi setelah peristiwa air bah (Kej 7:1-24)
____
Penentuan tindakan yang Prioritas
Siswa tidak mampu bertanya lalu menuliskan nama dan suku dari 3 orang temannya
Siswa kurang mampu bertanya lalu menuliskan nama dan suku dari 3 orang temannya
Sisa cukup mampu bertanya lalu menuliskan nama dan suku dari 3 orang temannya
Siswa  mampu bertanya lalu menuliskan nama dan suku dari 3 orang temannya
Siswa sangat mampu bertanya lalu menuliskan nama dan suku dari 3 orang temannya
____

Total
____


Agama (Kristen) Kelas 2
Rubrik portofolio:  Memuliakan Tuhan dengan Perbuatan Baik
N a m a               : _____________________________
Kelas                   : ____________________________
Tanggal                : _____________________________                                                                                                 
Guru                   :

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
Pengetahuan/
Konsep
Siswa tidak memahami konsep  memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik
Siswa kurang mampu memahami konsep memuliakan Tuhan melalui perbuatan baik dengan lengkap
Siswa mampu memahami konsep memuliakan Tuhan melalui perbuatan baik dengan  cukup lengkap
Siswa mampu memahami konsep   memuliakan Tuhan melalui perbuatan baik dengan lengkap
Siswa mampu memahami memuliakan Tuhan memuliakan  melalui perbuatan baik dengan sangat lengkap
____
Perbuatan Baik
(ayah, ibu, saudara) di rumah
Siswa  tidak dapat memberikan  daftar tabel perbuatan baik yang pernah mereka lakukan kepada  ayah, ibu, saudara

Siswa kurang mampu memberikan daftar tabel perbuatan baik kepada ayahnya dengan benar
Siswa cukup mampu memberikan daftar tabel perbuatan baik kepada ibunya dengan benar
Siswa mampu memberikan daftar tabel perbuatan baik kepada saudaranya dengan benar
Siswa   sangat mampu  memberikan  daftar tabel perbuatan baik yang pernah mereka lakukan kepada  ayah, ibu, saudara dengan benar
____
Perilaku di sekolah
Siswa tidak dapat menunjukkan perilaku  baik kepada teman di sekolah sesuai dengan memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik
Siswa seringkali tidak  dapat menunjukkan perilaku  baik kepada teman di sekolah sesuai dengan memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik
Siswa cukup  dapat menunjukkan perilaku  baik kepada teman di sekolah sesuai dengan memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik
Siswa seringkali  dapat menunjukkan perilaku  baik kepada teman di sekolah sesuai dengan memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik
Siswa selalui  dapat menunjukkan perilaku  baik kepada teman di sekolah sesuai dengan memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik
____

T o t a l


Agama (Kristen) : Kelas 2
Rubrik Unjuk Kerja :   Makna Memberi Sedekah
Nama                    : _________________________
Kelas                    : _________________________
Tanggal                 : _________________________                                                                                                                                                           

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
 Konsep
Siswa  tidak memiliki konsep yang benar tentang memberi sedekah.
Siswa  kurang memiliki konsep yang benar tentang memberi sedekah.
Siswa  cukup memiliki konsep yang benar tentang memberi sedekah.
Siswa  memiliki konsep yang benar tentang memberi sedekah.
Siswa  memiliki konsep yang sangat benar tentang memberi sedekah.
----
Pemahaman
Siswa tidak mempunyai pemahaman yang benar sehingga tidak mampu menjelaskan gambar dengan baik.
Siswa kurang  mempunyai pemahaman yang benar sehingga kurang mampu menjelaskan gambar dengan baik.
Siswa cukup  mempunyai pemahaman yang  benar sehingga cukup mampu menjelaskan gambar dengan baik.
Siswa mempunyai pemahaman yang benar  sehingga mampu menjelaskan gambar dengan baik.
Siswa mempunyai pemahaman yang sangat benar sehingga mampu menjelaskan gambar dengan sangat  baik
----
Memberi Warna
Siswa tidak mampu memberi warna sesuai dengan warna yang sudah ditentukan
Siswa kurang mampu memberi warna sesuai dengan warna yang sudah ditentukan
Siswa cukup mampu memberi warna sesuai dengan warna yang sudah ditentukan
Siswa  mampu memberi warna sesuai dengan warna yang sudah ditentukan
Siswa sangat mampu memberi warna sesuai dengan warna yang sudah ditentukan
----
Kreatifitas dan kreatifKerapihan
Siswatidak  kreatif dan hasilnya tidak rapi.
Siswa kurang  kreatif dan hasilnya kurang rapi.
Siswa cukup kreatif dan hasilnya cukup rapi.
Siswa kreatif dan hasilnya rapi.
Siswa sangat kreatif kreatif dan hasilnya rapi.
----
Perilaku
Siswa tidak mampu berperilaku  baik di kelas
Siswa kurang mampu berperilaku baik d kelas
Siswa cukup mampu berperilaku baik di kelas
Siswa mampu  berperilaku baik di kelas .
Siswa sangat mampu berperilaku baik di kelas.
----
                                                                                                                                                                                                                                  T o t a l


Agama (Kristen) : Kelas 2                                        Rubrik Unjuk Kerja :   Makna Yesus Penolong Sejati
Nama                    : _________________________
Kelas                    : _________________________
Tanggal                : _________________________                                                                                                                                                                                                                  

Kriteria
Nilai
1
2
3
4
5
 Konsep
Siswa tidak  memiliki konsep yang benar tentang tentang Yesus penolong sejati.
Siswa kurang  memiliki konsep yang benar tentang tentang Yesus penolong sejati.
Siswa cukup  memiliki konsep yang benar tentang tentang Yesus penolong sejati.
Siswa  memiliki konsep yang benar tentang tentang Yesus penolong sejati.
Siswa  memiliki konsep yang sangat benar tentang tentang Yesus penolong sejati.
----
Pemahaman
Siswa tidak  mampu memggambar sesuai tema,  dan tidak   menjelaskan  gambar yang dibuatnya dengan benar.
Siswa kurang  mampu memggambar sesuai tema,  dan  menjelaskan  gambar yang dibuatnya dengan benar.
Siswa cukup  mampu memggambar sesuai tema,  dan  menjelaskan  gambar yang dibuatnya dengan benar.
Siswa  mampu memggambar sesuai tema,  dan   menjelaskan  gambar yang dibuatnya dengan benar.
Siswa  sangat mampu memggambar sesuai tema,  dan   menjelaskan  gambar yang dibuatnya dengan benar.
----
Menceritakan Bersambung
Siswa tidak mampu bercerita secara bersambung di depan kelas dengan baik.
Siswa kurang mampu bercerita secara bersambung di depan kelas dengan baik.
Siswa cukup mampu bercerita secara bersambung di depan kelas dengan baik.
Siswa mampu bercerita secara bersambung di depan kelas dengan baik.
Siswa sangat mampu bercerita secara bersambung di depan kelas dengan baik.
----
 Kreatifitas dan Kerapihan
Siswat menggambar tidak kreatif, tidak tuntas dan tidak rapi. .
Siswat menggambar kurang kreatif,  tuntas namun hasilnya kurang rapi..
Siswat menggambar cukup kreatif, tuntas dan hasilnya cukup rapi.
Siswat menggambar  kreatif, tuntas, dan hasilnya rapi..
Siswat menggambar sangat  kreatif,  tuntas dan hasilnya sangat  rapi.
----
Perilaku
Siswa tidak mampu berperilaku  baik di kelas
Siswa kurang mampu berperilaku baik d kelas
Siswa cukup mampu berperilaku baik di kelas
Siswa mampu  berperilaku baik di kelas .
Siswa sangat mampu berperilaku baik di kelas.
                                                                                                                                                                                                                                  T o t a l







No comments:

Post a Comment