Wednesday, January 30, 2019

Guru Idola dan Produk Google AcademiadotEdu


Guru Idola siswa adalah guru yang memiliki kesenangan menggunakan beberapa produk google di dalam proses pembelajaran atau pelajaran yang diasuhnya di sekolah formal seperti SD, SMP, SMA/SMK. Kita tidak harus menjadi orang ahli karena ini hanya dapat dikerjakan oleh orang IT. Namun bagi sorang guru cukuplah punya beberapa pemahaman tentang beberapa produk dari google yang dapat dipakai dalam menopang profesionalitas sebagai seorang guru yang dicintai/disukai peserta didik


Salah satu yang dapat kita manfaatkan yakni Google Academi.Edu. Tentu kita pelajari secara bertahap sampai kita dapat menggunakannya secara baik. Untuk itu kita perlu memiliki email, saran saya milikilah email yang terintegrasi dengan google atau menjadi milik google. Email milik google seperti gmail.com sebagaimana yang saya gunakan. Email tersebut tentu sangat banyak fungsinya. Kita bisa pergunakan untuk berkirim surat elektronik untuk keperluan sebagai pendidik, kepeluan keluarga dan lain-lain. Yang penting kita gunakan email secara positif.

Sambil kita belajar menggunakan academia.edu kita dapat mengunakan google plus yang sudah terintegrasi dengan gmail kita. Indahnya gmail sudah terintegrasi dengan alat penyimpanan data seperti google drive, foto, Youtube dll. Fasilitas ini tentu sangat menolong seorang guru, khususnya guru idola. Misalnya kita dapat menggunakan salah satu hasil teknologi google yaitu Youtube, kita dapat membuat video rekaman dengan handphone kita dan upload video ke Youtube kemudian hasilnya dapat dijadikan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran bagi peserta didik yang kita ajar atau bagi publik yang seprofesi dengan kita.

Selain produk akademia di atas, kita dapat memanfaatkan produk sebagaimana yang tersedia dalam gmail kita. Kita dapat mengecek gmail kita waktu kita login. Perhatikan ada lebih dari 1 produk yang tersedia. Tentu produk ini sifatnya free. Artinya kita dapat gunakan secara gratis. Biaya yang perlu kita siapkan yakni koneksi internet dan biaya listrik. Sedangkan pemanfaatan blogspot, dan gmail serta google drive dan kawan-kawannya yang ada dalam rumah google dapat kita gunakan secara gratis tetapi harus positif.

Bila kita memanfaatkan hasil dari teknologi Google secara baik dalam dunia pendidikan maka kita telah memberi contoh pemanfaatan internet secara positif. Internet adalah koneksi satu jaringan komputer dengan komputer lain di seluruh dunia. Dalam hal ini komputer kita yang terintegrasi dengan internet akan memudahkan orang lain dapat membaca hasil tulisan kita di blog seperti di blog Guru Idola ini.

Selamat menjadi guru idola yang memanfaatkan produk google.

Horas Google

No comments:

Post a Comment