KISI-KISI UTS
Sekolah : SD ......
Bidang srudi : Agama
Kristen
Kelas/Smstr : 2/2
(2012-2013)
No
|
Standar Kompetensi
|
Materi
|
Uraian
|
Indikator
|
Jenis soal
|
No
Soal
|
|
Tuhan
mengasihi orang kaya dan orang miskin
|
Orang
kaya adalah orang yang memiliki uang dan harta yang banyak. Sebliknya, orang
miskin adalah orang yang tidak memiliki banyak uang ataupun harta benda.
Namun baik orang kaya maupun orang miskin sama-sama dikasihi Tuhan. Orang
kaya dan orang miskin dapat hidup bersama-sama secara berdampingan jika kita
tidak membeda-bedakan siapapun, seperti Tuhan tidak pernah
membeda-bedakan
manusia
|
Pilihan
Ganda
|
1,2
|
||||
2
|
|
|
|
|
Menjodohkan
|
1
|
|
3
|
|
|
|
|
Isian
|
1
|
|
4
|
|
|
|
|
Essay
|
1
|
|
5
|
|
|
|
|
Menjodohkan
|
2
|
|
6
|
|
Tuhan mengasihi orang sehat adan orang sakit
|
Tuhan
mennyertai dan mengasihi semua orang (sehat maupun sakit). Bila sakit harus
tetap percaya dan berdoa bahwa Tuhan tetap mengasihi, mintalah kesembuhan.
Berdoa bukan hanya ketika sakit saja tetapi juga waktu sehat. Sebagai wujud
terima kasih kepada Tuhan, maka kita harus berbuat baik dan menolong
teman-teman yang sakit. Misalnya : menjenguk, mengingatkan agar mau ke dokter
dan mau minum obat, mendoakan, menghibur, meminjamkan catatan pelajaran di
sekolah. Tuhan Yesus sangat memperhatikan orang-orang sakit bahkan
menyembuhkan, misalnya : Naaman, Hizkia yang sakit keras, Ayub yang sakit
kusta, ibu mertua Petrus, orang-orang cacat, dll
|
Siswa dapat :
1. Menjelaskan kisah seorang perwira dan
hambanya yang sakit.
2. Menjelaskan bahwa baik waktu sehat maupun
waktu sakit Tuhan tetap mengasihi.
|
Pilihan Ganda
|
3
|
|
7
|
|
|
Menjodohkan
|
2
|
|||
8
|
|
|
Isian
|
2,3
|
|||
9
|
|
Tuhan Mengasihi Penyandang Cacat
|
Tuhan
mengasihi penyandang cacat seperti : orang buta, tuli, timpang atau pincang,
keterbelakangan mental (idiot) dll. Tuhan ingin supaya semua orang , baik
sehat maupun cacat tetap berterima kasih kepada Tuhan atas keberadaan
dirinya. Tuhan juga mau supaya semua orang
menghargai para penyandang cacat.
|
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan
peristiwa di sebuah bukit
2.
Mempraktikkan
sikap dapat menerima perbedaan tiap orang, tanpa memandang kaya
3.
maupun miskin, cantik/ganteng atau kurang cantik, pandai atau kurang pandai,
sehat maupun cacat dll.
|
Pilihan Ganda
|
4
|
|
10
|
|
|
Menjodohkan
|
3
|
|||
11
|
|
|
Isian
|
4
|
|||
12
|
|
|
Essay
|
2
|
|||
13
|
|
Tuhan
Menghargai Kemampuan dan Bakat setiap orang
|
Bakat
adalah kemampuan/kepandaian yang sudah ada atau dibawa sejak lahir. Contoh :
melukis, menyanyi, menari dsb. Kemampuan adlah kesanggupan atau kecakapan.
Misalnya kemampuan berkomunikasi/berbicara. Setiap orang memiliki
perkembangan/pertumbuhan yang berbeda-beda satu sama lain. Ada yang
berkembang dengan pesat, ada yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang
lamban, demikian juga dengan kemampuan belajar tiap orang berbeda. Ada yang
cepat mengerti ada juga yang lamban. Bakat tiap
orang
juga berbeda. Ada yang punya bakat menyanyi tetapi tidak berbakat olah raga,
menari, melukis dll. Ada yang pandai matematika tetapi tidak pandai
menggambar. Setiap orang hendaknya bersyukur dengan kemampuan atau bakat yang
Tuhan berikan. Sebagai ungkapan rasa syukur, harus mengembangkan bakat atau
kemampuan masing-masing sampai cita-cita tercapai. Murid-murid Yesus juga
memiliki kemampuan yang berbeda.
|
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
nama murid-murid Yesus.
2.
Mempraktikkan
sikap dapat menerima perbedaan tiap orang tanpa memandang perbedaan kekayaan,
kemampuan dll.
|
Pilihan Ganda
|
5
|
|
14
|
|
|
Menjodohkan
|
4,5
|
|||
15
|
|
|
Isian
|
5,6
|
|||
|
Tuhan
Mengasihi Laki-laki dan Perempuan
|
Manusia
merupakan ciptaan yang paling mulia dia antara ciptaan lain. Manusia
diciptakan dengan kemampuan membedkan yang baik dan yang jahat. Laki-laki dan
perempuan sama bagi Tuhan. Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan agar
dapat saling menolong. Laki-laki tidak lebih hebat dari perempuan demikian
sebaliknya. Setiap orang harus bersyukur karena memiliki teman laki-laki dan
teman perempuan.Anak laki-laki ataupun peempuan dapat bermain bersama dan
belajar bersama, saling menghargai dan mengasihi
|
Siswa dapat :
1. Menjelaskan cara Tuhan menciptakan
manusia pertama
2. Mempraktikkan sikap dapat menerima
perbedaan tiap orang tanpa memandang jenis kelamin, kekayaan, bakat atau
kemampuan dan sebagainya
|
Pilihan Ganda
|
6,7
|
||
16
|
|||||||
17
|
|
|
Menjodohkan
|
6
|
|||
18
|
|
|
Isian
|
7
|
|||
19
|
|
|
Essay
|
3
|
|||
20
|
|
Tuhan
Mengasihi Anak-anak dan Orang Dewasa
|
Yesus
memberikan waktu bagi anak-anak meskipun Ia sedang dalam perjalanan menuju ke
Yerusalem, karena anak-anak mempunyai nilai yang sama dengan orang
dewasa. Yesus tidak pernah pilih
kasih. Tuhan ingin kita dapat menghargai/menghormati orang lain, anak-anak
maupun orang dewasa.
Cara
menghargai ibu guru : bila bertemu : senyum ramah, bersalaman, menganggukkan
kepala dll.
Cara
menghargai kakak atau adik : bermain bersama, tidak berebut mainan dll
|
Siswa dapat :
1. Menjelaskan bahwa Yesus mengasihi
anak-anak sama seperti orang dewasa.
2. Menyebutkan cara menghargai orang tanpa membedakan usia
|
Pilihan Ganda
|
8
|
|
21
|
|
|
Menjodohkan
|
7,8
|
|
||
22
|
|
|
Isian
|
8,9
|
|||
23
|
|
|
Essay
|
4
|
|||
24
|
|
Belas kasihan terhadap orang yang terluka
|
Bila
kita menderita karena terluka, lalu tidak ada yang mau menolong, apa yang
terjadi ? Kalau ada orang yang
membutuhkan pertolongan, kita harus berusaha menolong. Apa yang kita inginkan
supaya diperbuat orang kepada kita, lakukanlah juga demikian (Jika tidk mau
dicubit orang, jangan mencubit orang lain)
|
Siswa dapat:
1.
Menjelaskan orang Samaria yang baik hati
2.
Menyebutkan cara menolong orang yang membutuhkan
pertolongan
|
Pilihan Ganda
|
9,
10
|
|
25
|
|
|
Menjodohkan
|
9,
10
|
|
||
26
|
|
|
Isian
|
10
|
|||
27
|
|
|
Essay
|
10
|
No comments:
Post a Comment