Saturday, June 25, 2016

Menjadi Guru Idola : Lesson Plan Kls III

Menjadi Guru idola tentu menjadi idaman semua guru, namun menjadi guru idola tentu tidak semata-mata berhubungan dengan perlakuan kepada murid sehingga murid menjadi mengidolakan seorang guru. Jauh lebih penting dari pada itu, adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan  proses pembelajaran itu sendiri. Artinya perencanaan yang matang mulai dari persiapan/pendahuluan sampai pada evaluasi pada akhir jam pelajaran. Jika segala sesuatu terencana dengan baik, maka situasi, kondisi selama jam pelajaran berlangsung pasti akan kondusif. Guru dan murid sama-sama enjoy sepanjang jam pembelajaran berlangsung. Berikut Lesson Plan Kls III.




Unit Lesson Plan
Semester:
Date:  
Subject:  Agama (Kristen)


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have le8ned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessments
Resources & Reflections
EL 3
Unit Title  :
Tuhan Senang bila Bekerja dengan Senang Hati
Character  Value:
Rajin,
 Pekerja Keras,
Pemikir,
Mandiri, Periang

WEEK 7

Selasa


Percaya bahwa Tuhan senang , orang tua pun senang dengan anak mandiri.

Belajar mandiri di rumah dan di sekolah

Bekerja  tanpa di suruh

Bekerja dengan dengan senang hati
Apakah kamu mandi setelah di suruh ?
Apakah kamu belajar setelah disuruh?
Bagaimana rasanya kalau kamu selalu di suruh? Dipaksa?

Guru menjelaskan ulang : Rasul Paulus tidak mau merepotkan orang lain Kis. 18:3)

Siswa melengkapi kalimat dan menjawab pertanyaan

Siswa menjawab  pertanyaan :  Bagaimana perasaanmu bila bekerja (belajar, mandi, ganti baju, menyiapkan perlengkapan sekolah) tanpa disuruh ? Dan bagaimana perasaanmu jika kamu melakukan segala sesuatu harus dengan ddisuruh/dipaksa?

Presentase
Partisipasi di kelas
Lembar kerja siswa
Kemampuan
Presentase



Unit Lesson Plan
Semester:
Date:
Subject:  Agama Kristen


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have learned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessments
Resources & Reflections
EL 3

Unit Title:

Pemeliharaan Tuhan atas Keluarga

Character Value:
     Beriman
Tekun belajar,
Bekerja keras
WEEK 2

Selasa


Membuktikan bahwa Allah menyediakan, tetapi manusia harus berusaha.




Apa pekerjaan ayahmu?

Kalau ayah atau ibumu tidak berusaha/bekerja apa yang terjadi?





Menjelaskan bahwa Allah menyediakan kebutuhan manusia tetapi manusia harus berusaha (Oraet labora)

Siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan  manusia, apa yang dikerjakan demi  memenuhi kebutuhannya.



Partisipasi di kelas



Hasil kerja



                     
Materials:

Kertas A4
Pensil, penggaris


Reflections:




Unit Lesson Plan Theme 1 
Term: 1
Date:  23 Juli  2013
Subject:  Agama Kristen


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have learned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessments
Resources & Reflections
EL 3

Unit Title:
Cinta pada Keluarga

Character Value:
Hormat,
Peduli,
Taat
WEEK 1

Selasa







Mengerti bahwa Allah menciptakan keluarga
Siapakah anggota keluarga ?

Apa  hak dan kewajibanmu di rumah ?

Apakah ada orangtua yang tidak sayang kepada anaknya ?


Menjelaskan bahwa Allah menciptakan keluarga, semua kita mempunyai keluaga yang mengasihi kita dan kita mengasihi mereka, seperti Yesus mempunyai keluarga yang sangat mengasihi-Nya,
Siswa mengklasifikasi tugas masing-masing anggota keluarga
Siswa  memprediksi yang akan terjadi bila anggota keluarga tidak saling cinta.
Kelompok kerja: orangtua yang sering memberikan disiplin kepadaanak
Partisipasi di kelas

Lembar Kerja

Kelompok Kerja


Materials:

Kertas, pensil


Reflections:






Lesson Plan Theme 7
Term: 4
Date:    25   Maret  2014
Subject:  Agama Kristen


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have learned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessment
Resources & Reflections
EL 3
Unit Title:
 Makna Memelihara Alam Ciptaan Tuhan
Character Value:
 Rajin, Pekerja Keras, Ramah Murah hati, Penolong
WEEK  1

Selasa


·       Menjelaskan cara memelihara/merawat alam ciptaan Allah
·       Merawat alam sekitarnya mulai dari hal yang sederhana: membuang sampah pada tempatnya, menyiram tanaman di lingkungan rumahnya


·       Pernahkan kamu melakukan kegiatan bersih-bersih?
·       Apa yang kamu lakukan?
·       Mengapa kamu melakukannya?
·      Guru mendeskripsikan  memelihara/merawat alam ciptaan Tuhan.
·      Siswa mengisi teka-teki silang.
·      Siswa menjawab pertanyaan. (Andi hlm. 163)




·         Partisipasi di kelas
·         Hasil lembar kerja
                            
Materials:
1.     Alkitab
2.     Buku Tuhan Mengasihi Semua Orang Kelas  3 BPK
3.     Buku Tuhan Penolongku 3(And)i







 

No comments:

Post a Comment